PEMBUATAN ANIMASI 3D DENGAN SOFTWARE CINEMA 4D
PEMBUATAN
ANIMASI 3D DENGAN SOFTWARE CINEMA 4D
Disusun Oleh :
Akbar Widiawan (10114698)
Budi Setyawan (12114235)
Fauzi Makarim (14114076)
Budi Setyawan (12114235)
Fauzi Makarim (14114076)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER DAN TEKNIK INFORMASI
2017
Sejarah perkembangan CINEMA 4D
Program aplikasi buatan MAXON Computer ini sudah memiliki beberapa
generasi yaitu berawal dari tahun 1991 masih dengan nama FastRay, itu
adalah software pertama kali diluncurkan masih menggunakan Fastray. kemudian
berkembang lagi dari tahun ke tahun hingga namanya di rubah kembali menjadi
Cinema 4D V1 di tahun 1993, kemudian berkembang. hingga saat ini sudah pada
versi akhir yaitu Cinema 4D R16 di tahun 2015 ini. sunggu panjang perjalanan
yang di alami oleh MAXON Computer ini.
Ada beberapa point positif yang dimiliki oleh C4D yang tidak dimiliki
oleh program aplikasi 3D animasi yang lain, yaitu program tersebut tergolong
ringan untuk kalangan program animasi 3D. dari sesi instal dan setelah instal
aplikasi ini tidak memakan banyak slot atau space Harddrive yang banyak, dan
tidak memakan ram terlalu banyak, maka bisa di rekomendasikan untuk kalian yang
ingin bermain animasi 3D dengan spesifikasi komputer yang masih menengah
alangkah baiknya jika kalian menggunakan Software aplikasi ini, Tidak seperti
Program Autodesk Maya yang sangat berat sekali untuk dijalankan di komputer
dengan spesifikasi menengah kebawah.
Software aplikasi ini bukan hanya digunakan untuk membaut Animasi 3D
saja, tetapi juga bisa digunakan untuk pemodelan Architectur seperti gambar di
bawah ini, pemodelan latar atau background animasi pun bisa kita buat
menggunakan program aplikasi ini.
Area Kerja pada CINEMA 4D
- Icon, kegunannya untuk
memodifikasi objek yang telah anda buat.
- Tools dan Menu merupakan
tempat dimana perintah-perintah untuk memodifikasi objek.
- Tools, kegunaannya untuk
menggeser,mengecilkan, memutar posisi jendela, cara menggunakannya dengan
mengklik tahan, lalu geser mouse kearah yang anda inginkan. Bisa juga
untuk menampilkan 1 jendela atau 4 jendela sekaligus , untuk menampilkan
jendela Persfektif (tekan F1), Top/Atas (tekan F2), Right/Kanan (tekan
F3), Front/Depan (tekan F4) dan untuk menampilkan keempat jendela tekan
F5.
- Object Manager merupakan
tempat/layer dari objek-objek yang telah anda pilih sehingga objek tersusun
dengan rapi.
- Attributes Manager merupakan
spesifikasi dari objek yang telah anda pilih, baik dari ukuran, posisi,
perputaran, segment,
- Coordinates merupakan Posisi
(Position), Ukuran(Size), Perputaran(Rotation)
- Materials Manager merupakan
tempat dimana semua material , cara menampilkan material dengan mengklik
menu “File” yang ada pada Materials Manager kemudian pilih “Shader” lalu
pilih “Danel”, maka akan muncul material “ Danel” yang telah anda pilih
tadi.
- Timelines merupakan tempat
untuk mengatur dan merekam jalannya sebuah animasi yang telah anda buat.
Fitur yang terdapat didalam CINEMA 4D
1. Modeling Features
Proses ini adalah proses pembuatan model objek
dalam bentuk 3D di komputer, tahap awal dalam pembuatan animasi.
2.
Textures & Matherials
Penambahan efek pada objek sehingga dapat
memberikan kesan real atau seperti aslinya.
3.
Animation Features
Mendukung pembuatan animasi dengan spesifikasi
khusus, dan juga dapat
4. Ease
of use
Kemudahan dalam penggunaan nya membuat software
ini unggul dari pada yang lain, dengan User Interface yang sederhana dan
familiar membuat software ini mudah untuk di gunakan.
5. Help
Support
Terdapat fitur bantuan dan dukungan di dalam software,
ini sangat membantu saat terjadi kesalahan atau ingin mengetahui semua fitur
yang ada.
Minimal kebutuhan
system untuk penggunaan CINEMA 4D
Operating systems
Windows (running on Intel or AMD 64-bit CPU with
SSE3 support)
Windows 7 SP1 64-bit (all
versions)
Windows 8 64-bit (all versions)
Windows 8.1 64-bit (all versions)
Windows 10 64-bit (all versions)
Windows 8 64-bit (all versions)
Windows 8.1 64-bit (all versions)
Windows 10 64-bit (all versions)
OS X
Mac OS X 10.9.5 or higher with
64-bit processor running on Intel-based Apple Macintosh
General
4 GB RAM (8 GB or more
recommended)
OpenGL graphics card supporting OpenGL 4.1 (dedicated GPU recommended)
USB port
Internet connection is required
Registration is required.
OpenGL graphics card supporting OpenGL 4.1 (dedicated GPU recommended)
USB port
Internet connection is required
Registration is required.
Proses pembuatan Text Brush Effect pada Cinema 4D
1. Langkah pertama adalah membuat project baru dengan memilih File > New
Setelah itu akan muncul halaman kosong untuk memulai sebuah project.
Setelah itu akan muncul halaman kosong untuk memulai sebuah project.
2. Kemudian membuat object dengan memilih Text.
3. Lalu isikan dengan Text yang di
inginkan.
4. Kemudian tambahkan Subdivision Surface pada text
yang sudah di buat dana tur parameter nya.
5. Kemudian juga tambahkan Landscape dan Spline Wrap
untuk memberikan efek brush pada tulisan.
6. Memberikan Material pada objek di
Material Editor, semua pengaturan dan parameter dapat disesuaikan dengan yang
di inginkan.
7. Setelah
objek dan material sesuai, langkah selanjutnya adalah proses animasi. Dimana
dari gambar statis menjadi dinamis yang dapat bergerak dengan frame yang sudah
di tentukan.
8. Langkah terkhir adalah proses Rendering, yaitu
proses penggabungan object dengan effect dan semua element yang ada pada area
kerja menjadi satu kesatuan, yaitu video.
Pada proses ini membutuhkan Source datau sumber daya yang cukup besar, karna menggunakan Processor, RAM, dan GPU yang tidak sedikit.
Pada proses ini membutuhkan Source datau sumber daya yang cukup besar, karna menggunakan Processor, RAM, dan GPU yang tidak sedikit.
Dapat terlihat bahwa saat proses Rendering CPU dan Memory dibebani, hingga
hampir mencapai batas wajar.
Kesimpulan
Software pengolahan grafish terutama animasi 3D kini
makin berkembang dan banyak bermunculan, tapi tidak semua memenuhi kebutuhan
sang pemakai. Dengan penggunaan CINEMA 4D untuk pengolahan grafis sudah sangat
mempuni, terlebih dengan kelebihan yang dimilikinya. Karna hanya membutuhkan
sumber daya yang tidak terlalu besar, maka software ini sangat membantu saat
kita tidak memiliki minimum system yang rendah. Tapi kebutuh untuk proses
Rendering membutuhkan Resource yang cukup besar.
0 komentar