Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

PEMBUATAN ANIMASI 3D DENGAN SOFTWARE CINEMA 4D

06.30 Karim fauzi 0 Comments Category : , , , ,

PEMBUATAN ANIMASI 3D DENGAN SOFTWARE CINEMA 4D

 


Disusun Oleh :
Akbar Widiawan (10114698)
Budi Setyawan (
12114235)
Fauzi Makarim (14114076)




UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNIK INFORMASI
2017
Sejarah perkembangan CINEMA 4D
Program aplikasi buatan MAXON Computer ini sudah memiliki beberapa generasi yaitu berawal dari tahun 1991 masih dengan nama FastRay, itu adalah software pertama kali diluncurkan masih menggunakan Fastray. kemudian berkembang lagi dari tahun ke tahun hingga namanya di rubah kembali menjadi Cinema 4D V1 di tahun 1993, kemudian berkembang. hingga saat ini sudah pada versi akhir yaitu Cinema 4D R16 di tahun 2015 ini. sunggu panjang perjalanan yang di alami oleh MAXON Computer ini.
Ada beberapa point positif yang dimiliki oleh C4D yang tidak dimiliki oleh program aplikasi 3D animasi yang lain, yaitu program tersebut tergolong ringan untuk kalangan program animasi 3D. dari sesi instal dan setelah instal aplikasi ini tidak memakan banyak slot atau space Harddrive yang banyak, dan tidak memakan ram terlalu banyak, maka bisa di rekomendasikan untuk kalian yang ingin bermain animasi 3D dengan spesifikasi komputer yang masih menengah alangkah baiknya jika kalian menggunakan Software aplikasi ini, Tidak seperti Program Autodesk Maya yang sangat berat sekali untuk dijalankan di komputer dengan spesifikasi menengah kebawah.
Software aplikasi ini bukan hanya digunakan untuk membaut Animasi 3D saja, tetapi juga bisa digunakan untuk pemodelan Architectur seperti gambar di bawah ini, pemodelan latar atau background animasi pun bisa kita buat menggunakan program aplikasi ini.




Area Kerja pada CINEMA 4D
  1. Icon, kegunannya untuk memodifikasi objek yang telah anda buat.
  2. Tools dan Menu merupakan tempat dimana perintah-perintah untuk memodifikasi objek.
  3. Tools, kegunaannya untuk menggeser,mengecilkan, memutar posisi jendela, cara menggunakannya dengan mengklik tahan, lalu geser mouse kearah yang anda inginkan. Bisa juga untuk menampilkan 1 jendela atau 4 jendela sekaligus , untuk menampilkan jendela Persfektif (tekan F1), Top/Atas (tekan F2), Right/Kanan (tekan F3), Front/Depan (tekan F4) dan untuk menampilkan keempat jendela tekan F5.     
  4. Object Manager merupakan tempat/layer dari objek-objek yang telah anda pilih sehingga objek tersusun dengan rapi.
  5. Attributes Manager merupakan spesifikasi dari objek yang telah anda pilih, baik dari ukuran, posisi, perputaran, segment,
  6. Coordinates merupakan Posisi (Position), Ukuran(Size), Perputaran(Rotation)
  7. Materials Manager merupakan tempat dimana semua material , cara menampilkan material dengan mengklik menu “File” yang ada pada Materials Manager kemudian pilih “Shader” lalu pilih “Danel”, maka akan muncul material “ Danel” yang telah anda pilih tadi.
  8. Timelines merupakan tempat untuk mengatur dan merekam jalannya sebuah animasi yang telah anda buat.


Fitur yang terdapat didalam CINEMA 4D
1. Modeling Features
Proses ini adalah proses pembuatan model objek dalam bentuk 3D di komputer, tahap awal dalam pembuatan animasi.
2. Textures & Matherials
Penambahan efek pada objek sehingga dapat memberikan kesan real atau seperti aslinya.
3. Animation Features
Mendukung pembuatan animasi dengan spesifikasi khusus, dan juga dapat
4. Ease of use
Kemudahan dalam penggunaan nya membuat software ini unggul dari pada yang lain, dengan User Interface yang sederhana dan familiar membuat software ini mudah untuk di gunakan.
5. Help Support
Terdapat fitur bantuan dan dukungan di dalam software, ini sangat membantu saat terjadi kesalahan atau ingin mengetahui semua fitur yang ada.



Minimal kebutuhan system untuk penggunaan CINEMA 4D     
Operating systems     
Windows (running on Intel or AMD 64-bit CPU with SSE3 support)
Windows 7 SP1 64-bit (all versions)
Windows 8 64-bit (all versions)
Windows 8.1 64-bit (all versions)
Windows 10 64-bit (all versions)
OS X
Mac OS X 10.9.5 or higher with 64-bit processor running on Intel-based Apple Macintosh
General
4 GB RAM (8 GB or more recommended)
OpenGL graphics card supporting OpenGL 4.1 (dedicated GPU recommended)
USB port
Internet connection is required
Registration is required
.














Proses pembuatan Text Brush  Effect pada Cinema 4D


1. Langkah pertama adalah membuat project baru dengan memilih File > New
Setelah itu akan muncul halaman kosong untuk memulai sebuah project.

2. Kemudian membuat object dengan memilih Text.
3. Lalu  isikan dengan Text yang di inginkan.
4. Kemudian tambahkan Subdivision Surface pada text yang sudah di buat dana tur parameter nya.






5. Kemudian juga tambahkan Landscape dan Spline Wrap untuk memberikan efek brush pada tulisan.


6. Memberikan Material pada objek di Material Editor, semua pengaturan dan parameter dapat disesuaikan dengan yang di inginkan.






7. Setelah objek dan material sesuai, langkah selanjutnya adalah proses animasi. Dimana dari gambar statis menjadi dinamis yang dapat bergerak dengan frame yang sudah di tentukan.


8. Langkah terkhir adalah proses Rendering, yaitu proses penggabungan object dengan effect dan semua element yang ada pada area kerja menjadi satu kesatuan, yaitu video.
Pada proses ini membutuhkan Source datau sumber daya yang cukup besar, karna menggunakan Processor, RAM, dan GPU yang tidak sedikit.
Dapat terlihat bahwa saat proses Rendering CPU dan Memory dibebani, hingga hampir mencapai batas wajar.





Kesimpulan
Software pengolahan grafish terutama animasi 3D kini makin berkembang dan banyak bermunculan, tapi tidak semua memenuhi kebutuhan sang pemakai. Dengan penggunaan CINEMA 4D untuk pengolahan grafis sudah sangat mempuni, terlebih dengan kelebihan yang dimilikinya. Karna hanya membutuhkan sumber daya yang tidak terlalu besar, maka software ini sangat membantu saat kita tidak memiliki minimum system yang rendah. Tapi kebutuh untuk proses Rendering membutuhkan Resource yang cukup besar.


RELATED POSTS

0 komentar